Manfaat peregangan (stretching) yang perlu anda ketahui.

Peregangan atau stretching adalah aktivitas meregangkan otot untuk meningkatkan fleksibilitas (kelenturan) otot dan jangkauan gerakan persendian. Aktivitas peregangan merupakan bagian penting dari latihan olahraga atau program rehabilitasi. Peregangan membantu pemanasan tubuh sebelum melakukan aktivitas fisik sehingga mengurangi resiko kecelakaan dan nyeri otot. Apa manfaat latihan peregangan? Berikut beberapa manfaat latihan peregangan.


1. Meningkatkan Kelenturan (Fleksibilitas)
Kelenturan (fleksibilitas) adalah derajat peregangan otot. Kelenturan tubuh yang kurang baik dapat menyebabkan gerakan lebih lamban dan rentan terhadap cedera otot, ligamen, dan jaringan lembut lainnya. Cara terbaik meningkatkan fleksibilitas adalah dengan latihan peregangan.


2. Meningkatkan Sirkulasi Darah
Peregangan meningkatkan aliran darah ke otot. Hal ini akan meningkatkan aliran darah yang membawa nutrisi ke otot dan membuang limbah metabolisma dari otot. Meningkatnya aliran darah juga mempercepat pemulihan cedera otot atau cedera sendi.


3. Meningkatkan Keseimbangan dan Koordinasi
Meningkatnya fleksibilitas karena latihan peregangan akan meningkatkan keseimbangan dan koordinasi. Keseimbangan dan koordinasi yang baik akan mengurangi resiko jatuh dan membuat gerakan lebih gesit.


4. Mengurangi Nyeri Punggung Bagian Bawah
Otot yang kaku dan tegang pada punggung bagian bawah, hamstring, pinggul, dan bokong adalah salah satu penyebab umum nyeri punggung bagian bawah. Meregangkan otot-otot ini akan meredakan nyeri tersebut.


5. Mengurangi Stress
Mengurangi kekakuan dan ketegangan otot melalui peregangan akan membantu relaksasi syaraf dan mengurangi tensi pikiran. Hal ini dapat mengurangi stress karena berbagai aktivitas harian.


6. Meningkatkan Kemampuan Fisik
Atlit secara umum seringkali mengandalkan kontraksi otot secara maksimal. Setiap atlit harus melakukan peregangan sebelum latihan atau bertanding.


7. Mempercepat Pemulihan Setelah Berolahraga
Bagi olahragawan, peregangan selain meningkatkan fleksibilitas juga dapat mempercepat pemulihan fisik setelah berolahraga.


8. Meningkatkan Produsi Cairan Synovial Persendian
Cairan synovial yang terdapat pada persendian berperan sebagai pelumas yang mengurangi gesekan persendian yang bergerak. Cairan synovial juga membantu membawa nutrien dalam jaringan persendian. Salah satu manfaat latihan peregangan adalah membantu meningkatkan produksi cairan synovial.


9. Meningkatkan Postur
Latihan peregangan dapat meningkatkan postur terutama latihan yang melibatkan otot punggung bagian bawah, pundak, dan dada.


10. Meningkatkan Kebugaran
Latihan peregangan membuat gerakan anggota tubuh menjadi lebih luwes (tidak kaku) sehingga tidak mudah capek karena melakukan aktivitas fisik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pusat Terapi Skoliosis (Pembengkokan Tulang Belakang Ke Samping) Bekasi

Promo Merdeka Paket Terapi Pondok Sehat ShamMind